26 Agustus 2014

Ziarah Kubur Yang Syari

Ziarah Kubur Yang Syari

Hukum Ziarah Kubur

Awalnya ziarah kubur memang sesuatu yang dilarang oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, karena di khawatirkan para sahabat akan melakukan kesyirikan ketika melakukan ziarah kubur. Sebab masih dekatnya dengan masa jahiliyah. Namun tatkala keimanan mereka sudah dianggap mapan, para sahabat telah memahami tentang keutamaan tauhid dan bahayanya syirik, telah mengetahui bentuk-bentuk kesyirikan, maka tatkala mereka melakukan ziarah kubur, tidak di khawatirkan  lagi akan melakukan kesyirikan.
Akhirnya, dengan alasan itu ziarah kubur diperintahkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam kerena di dalamnya terdapat faedah.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

نهيْتكم عنْزيارة الْقبور فزوروها فإنّ في زيارتها تذْكرة

"Saya pernah melarang kalian dari ziarah kubur, maka sekarang ziarahlah, karena dalam ziarah kubur ada nasihat."(HR. Abu Dawud)

Dengan demikian maka ziarah kubur adalah sesuatu yang disyariatkan, hukumnya sunnah, dengan catatan terbebas dari unsur-unsur kesyirikan dan kebid'ahan

Tujuan Ziarah Kubur

Ziarah kubur disyariatkan di dalam agama Islam dengan dua Tujuan:
  • 1. Mengambil nasihat dan pelajaran dari apa yang disaksikan. Bahwa sesungguhnya orang-orang yang sekarang berada di dalam kubur sebelumnya mereka juga hidup di muka bumi seperti kita, atau bahkan mungkin ada diantara mereka yang kemarin masih sempat tertawa dan bercanda bersama kita. Namun tiba-tiba ajal datang menjemput dirinya. Sekarang dia harus kembali kepada Allah Ta'ala. Dan akan seperti itulah keadaan kita, ajal akan datang, kita semua akan mati dan akhirnya kita juga akan dikubur. Dengan demikian seseorang akan mengambil pelajaran dari apa yang dia saksikan dan akan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Kesempatan hidup yang diberikan oleh Allah akan digunakan sebaik mungkin guna menyiapkan diri dari apa yang akan dia bawa ketika kembali kepada-Nya.
  • 2. Mendoakan orang yang telah mati, terkhusus orang yang mau diziarahi, dengan doa yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam.
Dengan dua tujuan ini, ketika seorang melakukan ziarah kubur, maka akan mendapatkan dua manfaat, salah satunya kembali kepada dirinya, dan yang lain kembali kepada orang yang di ziarahi.

Manfaat yang dia dapatkan adalah bisa mengambil pelajaran dari apa  yang dia lihat bahwa dia juga akan mati dan dikuburkan seperti saudara-saudaranya yang telah mendahuluinya.
Sedang manfaat yang didapatkan oleh yang diziarahi, mereka mendapatkan doa dari para peziarah.

Adapun ziarah kubur dengan tujuan bertawasul, atau berdoa kepada orang shalih yang telah mati, maka ini tidak diperbolehkan dan termasuk bentuk kesyirikan.

Doa ziarah kubur yang diajarkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam

Kita dapat membaca doa berikut ini:

السَّلاَمٌ عَلَيْكٌمْ دَارَقَوْمٍ مٌؤْ مِنِينَ وَأَتَاكٌمْ مَا تٌو عَدٌونَ غَدًا مٌؤَجَّلٌونَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَاللَّهٌ بِكٌمْ لَا حِقٌونَ

"Mudah-mudahan keselamatan atas kalian wahai penduduk kampung kaum yang beriman, dan mudah-mudahan datang kepada kalian apa yang dijanjikan untuk hari besok yang diakhirkan, dan insyaa Allah kami akan menyusul kalian."(HR. Muslim)

Atau doa ini:


السَّلاَمٌ عَلَى أَهْلِ الدَّيَارِمِنَالْمٌؤْمِنِينَ وَالمٌسْلِمِينَ وَيَرْحَمٌ اللّهٌ الْمٌسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمسْتَأْ خِرِينَ وَاإِنَّا إِن شَاءَاللّهٌ بِكٌم‌ْ لَلاَحِقٌونَ

"Mudah-mudahan keselamatan atas penduduk negeri ini dari kalangan orang-orang yang beriman dan orang-orang Islam, dan mudah-mudahan Allah merahmati orang-orang yang terdahulu diantara kita dan orang-orang yang belakangan dan insyaa Allah kami akan menyusul kalian."(HR. Muslim)

Atau doa ini:

السَّلاَمٌ عَلَى أَهْلِ الدَّيَارِ مِنَ الْمٌؤْمِنٍيْن‌َ وَالْمٌسْلِمِينَ وَإِنَّا إِن شَاءَاللّهٌ لَلاَحِقٌونَ أَسْأَلٌ اللّهَ لَنَاوَلَكٌمْ الْعَافِيَةَ

"Mudah-mudahan keselamatan atas penduduk negeri ini dari kalangan orang-orang yang beriman dan orang-orang Islam dan sesungguhnya kami akan menyusul. Mudah-mudahan Allah memberikan keselamatan untuk kami dan untuk kalian."(HR. Muslim)

Bolehkah Wanita Ziarah Kubur?

Ulama berselisih pendapat tentang wanita ziarah kubur. Ada diantara mereka yang membolehkan, dan ada diantara mereka yang mengharamkan, ada pula diantara mereka yang memakruhkan.

Pendapat yang membolehkan berdalil dengan keumuman perintah Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam untuk ziarah kubur. Ini tidak terkhusus untuk kaum laki-laki, bahkan kaum wanita juga masuk kedalamnya, karena wanita juga perlu untuk ingat akhirat. Terlebih wanita sangat butuh untuk dinasihati dalam masalah ini.

Sementara pendapat yang melarang berdalil dengan hadits yang menjelaskan bahwa Rasulullah shalallahu 'alihi wa sallam melaknat wanita-wanita yang ziarah kubur. Dan sesuatu yang pelakunya dilaknat, tentu karena dia melakukan sesuatu yang diharamkan dalam agama Islam.

Adapun pendapat yang memakruhkan berdalil dengan perkataan ummu 'Athiyah radhiyallahu'anha, "Kami dilarang dari mengantarkan jenazah, dan tidaklah Rasulullah bersungguh-sungguh melarang kami."

Dari tiga pendapat di atas, pendapat yang rajih (insyaa Allah) yaitu wanita diperbolehkan untuk melakukan ziarah kubur selagi tujuannya benar, tidak melakukan perbuatan yang terlarang, dan tidak dijadikan sebagai kebiasaan.

Anas bin Malik radhiyallahu'anhu berkata, "Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam melewati seorang wanita yang menangis di kuburan, lalu beliau bersabda, 'Bertakwalah kepada Allah dan bersabarlah....'"(HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits ini Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam tidak mengingkari keberadaan wanita tersebut di kuburan, tapi yang diingkari beliau adalah sebab ratapan dan tangisan wanita tersebut kepada anaknya yang telah dikuburkan.

Sebuah riwayat lagi dari Abdullah bin Abi Mulaikah berkata,"Sesungguhnya Aisyah pada suatu hari datang dari kuburan. Lalu saya bertanya kepadanya,'wahai Ummul Mukminin, dari mana Anda datang?' Dia menjawab, 'Dari kuburan saudara saya, Abdur-Rahman bin Abi Bakar.' Lalu saya bertanya lagi, 'Bukankah Rasulullah melarang ziarah kubur? Dia menjawab, 'Ya, dulu beliau melarang, lalu beliau memerintahkan untuk menziarahinya.''(HR. Al-Hakim)

Mengkhususkan Hari Tertentu Untuk Ziarah Kubur

Sering kita jumpai praktek di tengah masyarakat, banyak diantara mereka yang mengkhususkan hari-hari tertentu untuk ziarah kubur, seperti malam jum'at, menjelang datang bulan Ramadhan, hari raya atau yang lainnya.
Lalu yang menjadi pertanyaan, adakah dalil dari al-Qur'an maupun as-Sunnah yang menunjukkan keutamaan hari-hari tersebut sehingga dikhususkan untuk ziarah kubur?

Jawabnya: Tidak ada dalil yang menunjukkan keutamaan hari-hari tersebut untuk berziarah kubur, karena perintah Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam untuk berziarah kubur sifatnya umum. Beliau tidak membatasinya pada waktu-waktu tertentu. Maka mengkhususkan hari-hari tertentu untuk ziarah kubur termasuk perkara yang baru dalam agama. Tidaklah seseorang diperbolehkan mengkhususkan suatu waktu untuk beribadah kecuali kalau memang ada dalilnya, karena ibadah itu harus didasari dengan dalil, baik dari segi sebabnya, jenis, ketentuan, cara, waktu maupun tempatnya. Maka ketika seseorang mengkhususkan hari-hari tertentu untuk ziarah kubur, dan tidak ada dalil yang menunjukkan tentang kekhususan hari tersebut, maka dia telah membuat cara yang baru di dalam beragama. Dan ini hukumnya terlarang.

Tabur Bunga Ketika Ziarah Kubur

Demikian pula termasuk praktek yang sering kita jumpai di tengah masyarakat, banyak diantara manusia melakukan tabur bunga ketika ziarah kubur. Bahkan seolah menjadi kebutuhan pokok, yang mana ziarah kubur dianggap tidak sempurna kecuali dengan menabur bunga. Lalu bagaimana hukum tabur bunga secara syar'i?

Kalau kita tilik hadits-hadits yang datang dari Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, maka kita tidak menjumpai praktek dari Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bahwa beliau menabur bunga ketika ziarah kubur. Dari sini kita bisa menyimpulkan, bahwa tabur bunga bukan termasuk sunnah yang dicontohkan beliau, tapi lebih merupakan tradisi yang diambil dari orang-orang kafir dan diikuti oleh kaum Muslimin. Sebagai seorang muslim yang ingin memurnikan agamanya, tidak boleh mencampuri ibadahnya dengan tradisi-tradisi yang diambil dari orang-orang non-Muslim.
Dan hendaknya supaya benar-benar msncontoh apa yang dipraktekkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, agar ibadahnya benar-benar diterima oleh Allah Ta'ala.

Semoga bermanfaat... Aamiin




Oleh:
Ustadz. Abdul Kholiq

Sumber:
Majalah "al-Mawaddah-majalah keluarga muslim" - vol.69 - Safar 1435 H

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ziarah Kubur Yang Syari

0 komentar:

Posting Komentar

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Flag Counter