05 Juli 2013

Do'a sebelum berbuka puasa

بســـــــــــــــم الله الرحمن الرحيـــــــــــــــم



*Do'a sebelum berbuka puasa*

Do'a yang yang masyhur di tengah-tengah kita yaitu:

اللهم لك صمت وبك آمنت وعلى رزقك أفطرت

“Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika afthortu” (Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang paling welas asih).” (HR.Ath-Thobroni)

Do'a ini terdapat pada hadits:

1. Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya Al-Mu'jam Ash-Shagiir 2/133 no.912:

"Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam jika berbuka membaca: "Dengan nama Allah, Ya Allah untuk-Mu aku berpuasa dan atas rezki dari-Mu aku berbuka".

Derajat Hadits:
Hadits ini dilemahkan oleh syekh Albaniy dalam kitabnya AL-Irwaa' no.919 karena Isma'il bin 'Amr Al-Bajaly; Adz-Dzahabiy berkata: Ia dilemahkan oleh lebih dari satu orang.
Dan Dawud Az-Zibriqan; haditsnya ditolak (matruuk).

2. Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya Al-Mu'jam Al-Kabiir 12/146 no.12720:

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam jika berbuka membaca: "Untuk-Mu aku berpuasa dan atas rezki dari-Mu aku berbuka, maka terimalah ibadah dariku sesungguhnya Engkau maha mendengar dan maha mengetahui"

Derajat Hadits:
Syekh Albaniy mengatakan hadits ini sangat lemah, memiliki dua cacat:
1. Abdul Malik bin Harun, sangat lemah.
2. Harun bin 'Antarah, diperselisihkan.

3. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitabnya As-Sunan no.2358:

Dari Mu'adz bin Zuhrah rahimahullah; telah disampaikan kepadanya bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam jika berbuka membaca:
"Ya Allah untuk-Mu aku berpuasa dan atas rezki dari-Mu aku berbuka"

Derajat Hadits:
Dilemahkan oleh Syekh Albaniy dalam kitabnya Dha'if sunan Abi Dawud no.406 karena sanadnya mursal dan lemah, Mu'adz adalah seorang tabi'iy yang majhuul.

4. Diriwayatkan juga oleh Al-Harits dalam kitabnya Al-Musnad sebagaimana disebutkan oleh Al-Haitsamiy dalam kitabnya Bugyah Al-Bahits 1/526 no.469:

Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepadaku: Wahai Ali, jika kamu berpuasa di bulan Ramadhan maka bacalah setelah engkau berbuka: Ya Allah untuk-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku bergantung, atas rezki-Mu aku berbuka", maka akan dicatat untukmu pahala seperti pahala semua orang yg berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun dari pahala mereka.

Derajat Hadits:
Hadits ini sangat lemah:
1. Abdurrahim bin Waqid: Haditsnya ditolak (matruuk).
2. Hammad bin 'Amr An-Nashibiy: Haditnya mungkar.
3. As-Sariy bin Khalid bin Syaddad: Tidak diketahui.



*Do'a Berbuka Puasa Yng Shahih*


Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, beliau mengatakan, apabila rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka, beliau mengatakan:

ذهب الظمـأ، وابــتلت العروق، وثــبت الأجر إن شاء الله

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, In syaa Allah (Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.)” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).

Wallahua'lam.

By. Muhammad Asy Syafi'i

Artikel: Belajar Islam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Do'a sebelum berbuka puasa

0 komentar:

Posting Komentar

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Flag Counter