19 September 2013

JAUHI BID'AH, NISCAYA AMALMU AKAN DI TERIMA

بســـــــــــــــم الله الرحمن الرحيـــــــــــــــم

Tidak Ada Bid’ah Yang Baik (Hasanah)!

Barangsiapa yang mengatakan adanya bid'ah hasanah,maka dia telah menuduh Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam telah mengkhianati Risalah..

Imam Malik rahimahullah berkata, "Barangsiapa yang mengada-adakan di dalam Islam suatu ajaran bid’ah dan dia memandangnya sebagai kebaikan, maka sesungguhnya dia telah menuduh Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengkhianati risalah. Karena Allah ta’ala berfirman, "Pada hari ini telah Aku sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku atas kalian, dan Aku telah ridha Islam sebagai agama kalian." Maka apa-apa yang pada hari itu bukan termasuk agama, pada hari ini ia juga bukan termasuk agama." (lihat al-Luma’ fi ar-Radd ‘ala Muhassini al-Bida’, karya Syaikh Abdul Qayyum as-Suhaibani, hal. 8-9)

Berpegang Teguh Dengan Sunnah

Hendaklah sebagai ummat yang mengaku ahlussunnah, memegang sunnah itu dengan kuat, jangan malah menghancurkan sunnah tersebut...

Imam ad-Darimi meriwayatkan dalam Sunannya, demikian juga al-Ajurri dalam asy-Syari’ah, dari az-Zuhri rahimahullah, beliau berkata, "Para ulama kami dahulu senantiasa mengatakan, "Berpegang teguh dengan Sunnah adalah keselamatan."." Muhammad bin Nashr meriwayatkan dari Abud Darda’ radhiyallahu’anhu, beliau berkata, "Kamu tidak akan salah jalan selama kamu tetap setia mengikuti atsar." (lihat Da’a’im Minhaj an-Nubuwwah, hal. 340).

Amalan Yang Diterima

Barangsiapa yang ingin amalnya di terima oleh Allah,,hendaknya ia ikhlas dalam amalnya dan ittiba'(mencontoh sunnah), disini salah satu syarat di terimanya amal adalah mengikuti sunnah, bukan malah membuat bid'ah,,

Fudhail bin Iyadh rahimahullah berkata, "Sesungguhnya amalan jika ikhlas namun tidak benar maka tidak akan diterima. Demikian pula apabila amalan itu benar tapi tidak ikhlas juga tidak diterima sampai ia ikhlas dan benar. Ikhlas itu jika diperuntukkan bagi Allah, sedangkan benar jika berada di atas Sunnah/tuntunan." (lihat Jami’ al-’Ulum wa al-Hikam, hal. 19 cet. Dar al-Hadits).


Ditulis oleh;
Ahmad Ibnu Abdillah(Belajar Isalam)
13 Dzulqodah 1434 H



Artikel; Belajar Islam





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : JAUHI BID'AH, NISCAYA AMALMU AKAN DI TERIMA

0 komentar:

Posting Komentar

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Flag Counter