28 Agustus 2013

Do'a Berlindung Dari Rasa Malas

 بســــــــــــــم الله الرحمن  الرحيـــــــــــــــم

DO'A BERLINDUNG DARI RASA MALAS


Do'a memohon di lindungi dari penyakit hati,  do'a ini adalah sebuah do'a sederhana yang jaami' (singkat dan syarat makna) yang sudah sepatutnya kita menghafalkannya karena amat bermanfaat. Do'a ini berisi permintaan agar kita terhindar dari penyakit hati yaitu 'syuh' (pelit lagi tamak) yang merupakan penyakit yang amat berbahaya. Penyakit tersebut membuat kita tidak pernah puas dengan pemberian dan nikmat Allah Ta'ala, dan dapat mengantarkan pada kerusakan lainnya.

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

وإياكم والشح، فإن الشح أهلك من كان قبلكم: أمرهم بالقطيعة فقطعوا، وأمرهم بالبخل فبخلوا، وأمرهم بالفجور ففجروا

"Waspadalah dengan sifat 'syuh' (tamak lagi pelit) karena sifat 'syuh' yang membinasakan orang-orang sebelum kalian. Sifat itu memerintahkan mereka untuk bersifat bakhil (pelit), maka mereka pun bersifat bakhil. Sifat itu memerintahkan mereka untuk memutuskan hubungan kekerabatan, maka mereka pun memutuskan hubungan kekerabatan. Dan Sifat itu memerintahkan mereka berbuat dosa, maka mereka pun berbuat dosa" (HR. Ahmad 2/195. Dikatakan Shahih oleh Syaikh Al Arnauth)

Do'a tersebut adalah;

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca do'a,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

(ALLAHUMMA INNI A'UDZU BIKA MINAL 'AJZI, WAL KASALI, WAL JUBNI, WAL HAROMI, WAL BUKHL. WA A'UDZU BIKA MIN 'ADZABIL QOBRI WA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT)
"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian" (HR. Bukhari dan Muslim)

Wallahua'lam..

Semoga bermanfaat......


BOGOR, JA-BAR
21 Syawal 1434 H



Belajar Islam

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Do'a Berlindung Dari Rasa Malas

0 komentar:

Posting Komentar

“Tidak ada kebaikan dalam hidup ini kecuali salah satu dari dua orang:
1. Orang yang diam namun berpikir atau
2. Orang yang berbicara dengan ilmu.”
[Abu ad-Darda’ Radhiallohu 'anhu]

Flag Counter